Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16177
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPerwita Sari, Suci-
dc.contributor.authorFahmi Damanik, Nisa-
dc.date.accessioned2021-11-23T02:50:51Z-
dc.date.available2021-11-23T02:50:51Z-
dc.date.issued2021-09-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16177-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi pada saat kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan bahan ajar yang konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. (2) Mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan); (3) develop atau pengembangan; (4) disseminate atau penyebaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. Hasil validasi terhadap bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR rata-rata 90% untuk ahlli materi 79% untuk validasi ahli desain media dan 87% validasi ahli bahasa artinya bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar berada pada kategori valid. Hasil kepraktisan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar untuk respon guru diperoleh nilai rata-rata 84% dan untuk respon siswa diperoleh nilai rata-rata 83% artinya bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR berada pada kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajarn tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectBahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiRen_US
dc.subjectSumber belajaren_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar IPA E-Booklet Berbasis MIKiR Pada Materi Pembelajaran Tata Surya Sebagai Sumber Belajar Secara Daring Di Sekolah Dasaren_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.