Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16141
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBR PURBA, ELFITRI-
dc.date.accessioned2021-11-22T03:05:53Z-
dc.date.available2021-11-22T03:05:53Z-
dc.date.issued2019-09-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16141-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan memilih 3 kelas dari 12 kelas. Instrumen yang digunakan: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan materi Peluang, (3) angket kemandirian belajar. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran kemandirian belajar siswa dan berdasarkan survei yang telah diteliti tidak terdapat hubungan linier antara MID dengan kemandirian belajar siswaen_US
dc.subjectkemampuan awal matematikaen_US
dc.subjectproblem based learning,en_US
dc.subjectdiscovery learningen_US
dc.subjectrealistic mathematics educationen_US
dc.subjectkemampuan pemecahan masalah matematikaen_US
dc.subjectkemandirian belajaren_US
dc.titlePENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TEBING TINGGIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis ELFITRI BR PURBA.pdf3.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.