Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16140
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTRIANA, RINI-
dc.date.accessioned2021-11-22T03:01:23Z-
dc.date.available2021-11-22T03:01:23Z-
dc.date.issued2019-09-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16140-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan metakognitif, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap koneksi matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap kemampuan metakognitif, (4) interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap koneksi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa UPT Satuan Pendidikan Formal SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan memilih 2 kelas dari 9 kelas. Instrumen yang digunakan: (1) tes kemampuan awal matematika siswa (2) tes kemampuan metakognitif, (3) tes koneksi matematika siswa dengan materi Garis dan Sudut. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (MANOVA). Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh rata-rata kemampan metakognitif pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah 77,20 > 75 dengan standar deviasi 2,161 dan koneksi matematika siswa yang diperoleh 83,63 > 45dengan standar deviasi 3,480. Dan pada pembelajaran menggunakan modelproblem base learning adalah 76,76 > 75 dengan standar deviasi 2,216 dan untuk rata-rata koneksi matematika siswa yang diperoleh 81,84>45dengan standar deviasi 2,096. Diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran discovery learning dan problem based learning sama-sama berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif dan koneksi matematika siswa, namun adanya perbedaan gaya diskusi dan interaksi siswa dalam berkomunikasi saat berdiskusi menyebabkan kemampuan metakognitif dan koneksi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran problem based learning.en_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.subjectProblem Based Learning,en_US
dc.subjectKemampuan Metakognitifen_US
dc.subjectKoneksi Matematika Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KONEKSI MATEMATIKA SISWAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis RINI TRIANA.pdf3.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.