Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1604
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHerlinawati-
dc.date.accessioned2020-03-02T11:58:15Z-
dc.date.available2020-03-02T11:58:15Z-
dc.date.issued2019-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1604-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep warna primer, skunder dan tersier melalui kegiatan mewarnai di RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep warna primer, skunder dan tersier. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak mengenal konsep warna primer, skunder dan tersier yaitu pada pra siklus 23,3 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus 2 rata-ratanya 71,6% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep warna primer, skunder dan tersierdi RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan.en_US
dc.subjectMewarnai,en_US
dc.subjectWarna Primeren_US
dc.subjectSkunder,en_US
dc.subjectTersieren_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Konsep Warna Primer, Skunder Dan Tersier Melalui Kegiatan Mewarnai Di Ra Nurul Islam Labuhanbatu Selatanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HERLINAWATI.pdfFulltext1.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.