Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15981
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.date.accessioned2021-11-18T12:48:12Z-
dc.date.available2021-11-18T12:48:12Z-
dc.date.issued2021-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15981-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII Smp Negeri 43 Medan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistic yang diinovasikan dengan etnomatematika. Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dan Populasinya adalah seluruh kelas VII, dimana untuk kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan untuk kelas VII-2 sebagai kelas control yang masing- masing sampel terdiri dari 25 orang. Dari hasil analisis data pre test kelas eksperimen masih tergolong rendah dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 52, 8 dan untuk kelas control memiliki nilai rata-rata sebesar 34,4. Hasil analisis data post test untuk kelas eksperimen memiliki peningkatan yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,6 dan untuk kelas post test memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,2. Serta memperoleh nilai 𝑥2ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,864 dan 𝑥2𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 5,991. Maka, dapat dikatakan bahwa semua kelompok sampel berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistic bernuansa etnomatematika.en_US
dc.subjectPendekatan Matematika Realistiken_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematis Siswaen_US
dc.titleAnalisis Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PRIYADASINI.pdf2.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.