Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15924
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAdina, Camelia Putri-
dc.contributor.authorNasution, Nurhasanah-
dc.date.accessioned2021-11-16T02:13:44Z-
dc.date.available2021-11-16T02:13:44Z-
dc.date.issued2021-06-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15924-
dc.description.abstractPenelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rebranding yang dilakukan oleh humas PT.PLN Persero dengan melalui bebrapa tahap diantaranya repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching . Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data diperoleh dari dua orang narasumber diantaranya satu orang pekerja sebagai Asisstant Analyst Komunikasi PT.PLN Persero Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dan Ketua BPC Perhumas. Hasil penelitian menunjukkan proses rebranding yang terdiri dari beberapa tahap diantaranya repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching telah terlaksana dengan baik. Pertama, Humas PLN dalam melakukan tahap repositioning berorientasi mewujudkan customer focused atau kepuasan pelanggan diharapkan agar lebih memudahkan pelanggan dari segi pelayanan kelistrikan dan semakin terintegrasi dengan hadirnya kembali aplikasi ini serta membenahi persepsi publik mengenai kualitas PLN yang semakin baik dalam pelayanan pelanggan. Kedua, renaming nama aplikasi yang semula PLN Mobile menjadi New PLN Mobile. Ketiga, redesigning elemen visual lainnya, seperti logo dan fitur-fitur terbarunya. Keempat, relaunching menjadi tahap akhir dari proses rebranding. Relaunching kepada publik baik kepada publik internal maupun eksternal telah terlaksana dengan baik. Namun, pada tahap ini belum optimal, dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui proses rebranding aplikasi New PLN Mobile. Adapun saran yang yang penulis sampaikan dalam penelitian ini, supaya lebih banyak kegiatan sosialisasi dan publiksi yang menarik kepada masyarakat awam agar publik mengetahui aplikasi tersebut telah melakukan proses rebrandingen_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.subjectproses rebrandingen_US
dc.subjectpublic relationsen_US
dc.subjectPT.PLN Perseroen_US
dc.titleProses Rebranding Aplikasi New PLN Mobile oleh Humas PT.PLN Perseroen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CAMELIAAA fixxxxxxx (1).pdf3.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.