Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15886
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarfiani, Rizka-
dc.date.accessioned2021-11-04T07:37:10Z-
dc.date.available2021-11-04T07:37:10Z-
dc.date.issued2021-10-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15886-
dc.description.abstractPokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan sistem pembelajaran daring. Kedua, apa saja faktor penghambat yang dihadapi guru dalam sistem pembelajaran daring. Ketiga, bagaimana evaluasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam sistem pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, serta siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode non statistik yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan teknik kredibilitas dengan strategi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran guru : (a) Perencanaan strategi: guru membuat RPP menyesuaikan dengan silabus pembelajaran jarak jauh. Penggunaan metode pembelajaran berpusat melalui materi yang dikirim guru. Media pembelajaran yang digunakan berbasis multimedia berupa modul salindia dan media komunikasi platform whatsapp group dan google classroom (b) Pelaksanaan strategi: kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dalam bentuk interaksi tanya jawab. Interaksi selama pembelajaran, berbentuk pertukaran informasi atau hubungan timbal balik antara guru kepada peserta didik. (2) Kendala yang dihadapi (a) keterbatasan kuota dimiliki peserta didik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan untuk mengikuti kegiatan belajar secara daring. (b) Peserta didik merasa jenuh belajar dari rumah yang menyebabkan stres dan kurang fokus. (3)Evaluasi dan Penilaian: bentuk evaluasi berupa tes pilihan ganda melalui google form dan penilaian dalam bentuk pemberian tugas yang dikerjakan dalam bentuk portofolio.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sma Muhamammadiyah 1 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Hamdani - 1502020032.pdf3.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.