Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15859
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSinaga, Ali Imran-
dc.contributor.authorSinaga, Rita Agustina-
dc.date.accessioned2021-11-02T03:54:59Z-
dc.date.available2021-11-02T03:54:59Z-
dc.date.issued2021-10-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15859-
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah. Fakus masalah yang akan dikaji yaitu: 1) Apa problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah, 2) Apa penyebab munculnya problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah, 3) Apa upaya mengatasi problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini tahap pendahuluan (persiapan), pengembangan rancangan, dan pelaksanaan penelitian. Objek penelitian ialah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah meliputi : problem pada peserta didik, pendidik, sarana dan prasarana, managemen sekolah dan lingkungan. Penyebab munculnya problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an meliputi : kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan yang kurang baik, kurangnya alokasi waktu dan tenaga pengajar, guru perlu mengevaluasi peserta didik baik dari hasil belajar dan kepribadian sehari-hari, kurang media pembelajaran disekolah, dan lingkungan sekolah yang menganggu aktivitas sekolah. Upaya mengatasi pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an meliputi : guru harus memberikan metode pembelajaran yang kreatif, upaya managemen sekolah sudah menggiatkan guru maupun karyawan, pihak sekolah sudah mengajukan proposal ke kemenag dan donatur untuk pengembangan sekolah, dan guru harus mampu mengkondisikan siswa didalam kelas.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectProblematikaen_US
dc.subjectProblematika Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur‟anen_US
dc.titleAnalisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Di SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal Ien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI. Rita Agustina Sinaga 4.pdf2.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.