Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15783
Title: Penerapan Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Berperilaku Maladjustment Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Authors: Nur, Zaharuddin
Anjani, Ayu
Keywords: Konseling Individual;Maladjusment;Siswa SMP Kelas VII
Issue Date: 22-Sep-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Konseling individual adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Berperilaku Maladjustment Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 6 orang yang ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Penerapan layanan konseling individual di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan peneliti. Dari hasil pelaksanaan layanan serta hasil observasi juga wawancara dapat dikatakan bahwa penerapan layanan konseling individual dapat mengatasi perilaku maladjusment siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Pada saat belum diterapkan layanan konseling indvidual siswa tidak mampu menyesuaikan diri sehingga mengakibatkan sulitnya berbaur dengan lingkungan sekolah yang baru yaitu di SMP. Kemudian, dengan tidak bisanya siswa menyesuaikan diri membuatnya tidak dapat bersosialisasi dan memiliki teman. Sulitnya menyesuaikan diri juga mengakibatkan siswa sulit dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehingga membuat siswa tidak ingin mengikuti pembelajaran di kelas. Namun pada pelaksanaan layanan yang pertama, siswa menunjukkan perubahan dari perilakunya. Siswa mulai mau bersosialisasi dan menyesuaikan diri sedikit demi sedikit terhadap lingkungan belajar dan sekolahnya. Hal ini dapat terjadi karena adanya kerjasama antara guru BK, wali kelas dan orang tua siswa. Pada pertemuan kedua siswa sudah mampu menyesuaikan diri sendiri, terbuka untuk berteman, percaya diri dengan diri sendiri serta melakukan interaksi sosial di lingkungan sekitar sekolah. Dan sekarang siswa juga memiliki kelompok berlajar juga kelompok bermain di sekolah.Setelah dilakukan dua kali pertemuan layanan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Penerapan Layanan Konseling Individual Dapat Mengatasi Siswa Yang Berperilaku Maladjustment Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15783
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Ayu Anjani_1702080038.pdf4.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.