Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15717
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Rizki Ananda-
dc.contributor.authorAzis, Zainal-
dc.date.accessioned2021-10-19T08:57:25Z-
dc.date.available2021-10-19T08:57:25Z-
dc.date.issued2021-08-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15717-
dc.description.abstractserta proses pembelajaran cenderung satu arah, lalu pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang bermakna, dan pola pembelajaran guru bersifat rutinitas pada saat mengajar matematika, guru langsung menjelaskan topik yang akan dipelajari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana kelayakan modul pembelajaran matematik dengan pendekatan STEM (2) Bagaimana respon siswa terhadap modul pembelajaran matematik dengan pendekatan STEM. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari: Modul. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Pondok Pesantren Ell-Firdaus Cikampak 2020-2022 (dengan menggunakan kelas kecil yang yang terdiri dari 15 siswa), dengan objek dalam penelitian ini adalah modul dengan pendekatan STEM. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design, develop, disseminate, tetapi pada penelitian tidak sampai tahap disseminate karena keterbatasan waktu. Instrument penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan MODUL untuk mengukur kelayakan dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) kelayakan pada validator 1 sebesar 70% dengan kategori “Layak”, kelayakan pada validator 2 sebesar 68% dengan kategori “Layak”, kelayakan pada validator 3 sebesar 70% dengan kategori “Layak” . b) respon siswa positif dilihat dari skor rata-rata angket respon siswa, c) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba lapangan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectmodulen_US
dc.subjectpendekatan STEMen_US
dc.titlePengembangan Modul Pembelajaran Matematik Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Pada Materi Segi Empaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rizki Ananda Putri (1502030172.pdf4.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.