Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15694
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYeni, Elvita-
dc.contributor.authorAnisa, Risma Sri-
dc.date.accessioned2021-10-19T01:29:41Z-
dc.date.available2021-10-19T01:29:41Z-
dc.date.issued2021-06-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15694-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai. Teori-teori yang digunakan adalah komunikasi, komunikasi interpersonal, pola komunikasi, guru, anak autis, sekolah luar biasa (SLB). Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian menggunakan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi, serta dokumentasi, hasil pengamatan, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancarai peneliti yaitu sebanyak 6 (enam) orang narasumber yang terdiri dari 3 (tiga) guru pengajar di SLB, 2 (dua) anak autis, serta 1 (satu) orang tua dari anak penderita autis dengan mengajukan 10 (sepuluh) pertanyaan yang sama pada masing- masing narasumber guru, 5 (lima) pertanyaan pada anak autis, dan 7 (tujuh) pertanyaan untuk orangtua dari anak penderita autis demi memenuhikebutuhan dari penelitian yang digunakan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai berjalan cukup baik, dimana peneliti menemukan bahwa SLB-C Syauqi Day Care menggunakan komunikasi interpersonal dalam berkomunikasi secara langsung dengan anak autis juga sebagai pendekatan pertama bagi guru untuk dapat berinteraksi dengan anak autis, dan metode ABA (Applied Behavior Analysis) atau terapi ABA digunakan guru SLB-C Syauqi Day Care dalam menekankan kepatuhan atau menumbuhkan rasa patuh, mengontrol masalah perilaku terhadap anak-anak autis, serta menumbuhkan kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan sekitaren_US
dc.subjectPola Komunikasien_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.subjectTerapi ABAen_US
dc.subjectGuru, Anak autisen_US
dc.titlePola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Risma Sri Anisa NPM 1703110008.pdf1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.