Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15658
Title: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa di Kelas VII SMP Taman Harapan Tahun Pembelajaran 2020/2021
Authors: Nur, Zaharuddin
Sukma B, Rini
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;Pengambilan Keputusan;SMP Taman Harapan
Issue Date: 5-Oct-2021
Abstract: Bimbingan Kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pengambilan keputusan. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 7 orang dengan 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswi perempuan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan di kelas VII SMP Taman Harapan Medan dilakukan dengan dua kali pertemuan. Sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok, siswa belum mampu menganalisis masalah untuk melatih intuisinya dengan baik sehingga pengambilan keputusan siswa juga asal-asalan. Pengalaman siswa juga tergolong masih sedikit, siswa masih takut dalam mengambil keputusan misalnya menjawab pertanyaan guru, siswa masih canggung dan takut jika salah menjawab. Setelah dilakukan layanan pertama siswa mengalami perubahan cara berfikir yang membuatnya mampu melatih analisis dan intuisi dirinya sehingga siswa memiliki pengalaman dalam berbicara dengan kelompok dan meningkatkan pengambilan keputusan siswa di kelas VII. Setelah diterapkan layanan layanan bimbingan kelompok kedua peningkatan kembali terjadi pada siswa. Dimana siswa mampu dengan cepat menganalis apa yang harus mereka lakukan di dalam kelas, kapan mereka bisa menjawab pertanyaan guru, kapan bagaimana sikap mereka ketika disuruh membuat sebuah kelompok dan bagaimana pengalaman yang mereka dapatkan sebelumnya dapat dijadikan sebaagi dasar intuisi untuk terus aktif di dalam kelas. Dengan keterampilan pengambilan keputusan yang baik siswa menjadi mampu mengambil keputusan secara rasional atau masuk akal dan terkesan tidak asal-asalan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII SMP Taman Harapan Tahun Ajaran 2020/2021 dalam mengambil keputusan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15658
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RINI SUKMA B.pdf4.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.