Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15608
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSijabat, Sutoni-
dc.date.accessioned2021-10-14T04:28:05Z-
dc.date.available2021-10-14T04:28:05Z-
dc.date.issued2021-09-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15608-
dc.description.abstractDalam penelitian membahas tentang bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran dalam peningkatan membaca Al-Quran siswa di SMP IT Ibnu Halim, fokus penelitian adalah bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran sesuai yang telah dirumuskan didalam rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa SMP IT Ibnu Halim. Pertanyaan yang ingin di jawab melalui penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran tilawah Al- Quran siswa di SMP IT Ibnu Halim dan Apakah penerapan manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggali data dari informan dalam bentuk deskriptif kualitatif yang terkait dengan judul dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru tilawah dan peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran di SMP IT Ibnu Halim terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran terdiri dari proses penentuan tujuan, metode atau cara yang ditempuh dalam pembelajaran tilawah Al-Quran, menentukan materi pembelajaran dan menentukan sistem penilaian pembelajaran. Proses dari pengorganisasian pembelajaran terdiri dari sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, pengelolaan pendidik dan peserta didik, materi, serta waktu pelaksanaan pembelajaran, selanjutnya proses penggunaan metode ceramah dan iqro dan yang terakhir adalah evaluasi. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran tilawah Al-Quran secara formal tidak ada, tetapi lebih ditekankan secara praktis dan lisan yang dilakukan setiap saat. 2) penerapan manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa, dalam penerapan manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran ini sudah sangat baik dan mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa, walau masih ada beberapa kendala dalam proses penerapannya yang menghalangi hasil maksimal dalam pelaksanan manajemen pembelajaran tilawah Al-Quran dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectManajemen Pembelajaranen_US
dc.subjectTilawah Al-Quranen_US
dc.titleManajemen Pembelajaran Tilawah Al-Quran Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca A l-Quran Siswa Di SMP IT Ibnu Halimen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REVISI SKRIPSI SITONI SIJABAT.pdf3.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.