Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15562
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSinaga, Ali Imran-
dc.contributor.authorGurning, Anggi Vaulina-
dc.date.accessioned2021-10-07T07:28:55Z-
dc.date.available2021-10-07T07:28:55Z-
dc.date.issued2021-09-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15562-
dc.description.abstractKurikulum merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan pendidikan. Oleh karena itu kurikulum harus dinamis dan adaftif pada perubahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kurikulum 2013 sudah diterapkan didalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam pada kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan, dengan fokus penelitian pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana yang menjadi subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian; 1). Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan sudah menerapkan kurikulum 2013 terbukti sebelum proses pembelajaran guru sudah menyusun rencana pembelajaran yang didalamnya memuat Silabus dan menyusun RPP, guru PAI pada sekolah tersebut dalam memahami teori pembuatannya sudah sesuai dengan standar acuan kurikulum 2013, walaupun terkadang RPP yang dibuat tidak sepenuhnya diterapkan didalam kelas. Selain itu dalam hal pendekatan saintifik dan penilaian otentik semuanya sudah dijalankan walaupun belum maksimal. 2). Faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 salah satunya adalah siswa itu sendiri, dikarenakan setiap siswa memiliki IQ dan kemampuan yang berbeda-beda. Sedangkan kurikulum 2013 sendiri menuntut agar siswa kreatif dan inovatif.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.subjectBerbasis Kurikulum 2013en_US
dc.titleAnalisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 57 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Anggi_Vaulina_Gurning Real.pdf2.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.