Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15478
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIntan, Ulva Nur-
dc.date.accessioned2021-09-28T06:23:07Z-
dc.date.available2021-09-28T06:23:07Z-
dc.date.issued2021-09-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15478-
dc.description.abstractTujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran cooperative jigsaw - lesson traveller untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R and D). Prosuder penelitian R & D ini mengikuti konsep R&D Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan tes. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahap, yaitu 1) tahap persiapan dan pengumpulan data, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba produk dan revisi, 5) tahap pelaporan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan dua uji coba lapangan. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas VIII-A dan 25 orang siswa kelas VIII-B Smp Muhammadiyah 56 Binjai. Hasil uji coba skala kecil (VIII-B, 25 orang) menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran memperoleh hasil sebesar 80,25%. Hasil uji coba skala besar (VIII-A, 28 orang) menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran memperoleh hasil sebesar 89,82%. secara keseluruhan hasil dari implementasi model cooperative jigsaw - lesson traveller lebih baik dari pada model pembelajaran yang sudah pernah diterapkan di sekolah selama ini. Hal itu berdasarkan data hasil motivasi belajar yang dianalisis memperoleh nilai sebesar 91,67% diikuti dengan hasil belajar siswa sebesar 88,42%. Oleh karena itu, model cooperative jigsaw - lesson traveller yang sudah diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dipandang layak dan sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran dikelas.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titleModel pembelajaran cooperative jigsaw-lesson traveller untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islamen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ULVA NUR INTAN SKRIPSI 2.pdf2.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.