Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15366
Title: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Siswa SMP
Authors: Hutagalung, Nurfajriah
Lisanuddin
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik;Guided Inquiry;Sistem persamaan Linear Dua Variabel
Issue Date: 22-Jun-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Guided Inquiry yang dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid. Penelitianini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan developdilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquiry Untuk Memfasilitasi Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,58 dengan kriteria valid dan guru sebesar 3,62 dengan kriteria valid, dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran didapat nilai dari validtor 1 sebesar 4,0 dengan kriteria valid, validtor 2 sebesar 3,83 dengan kriteria valid dan validtor 3 sebesar 3,83 dengan kriteria valid. Dan juga Hasil analisis data uji efektifitas LKPD yang diperoleh dari tes hasil belajar uji coba 1 dan uji coba 2 pada siswa dan analisis data respon peserta didik berkategori efektif. Berdasarkan hasil dari angket responpeserta didik sebesar 3,23 dengan kategori efektif dan hasil dari uji coba 1 dan uji coba 2 memiliki kenaikan sebesar 7,44 dapat dibuktikan bahwa Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquirybekategori efektif
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15366
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURFAJRIAH HUTAGALUNG.pdf2.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.