Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15263
Title: Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Kegiatan Permainan Bahan Alam Di RA Islam Yaskumam Indrapura Kab. Batu Bara
Authors: Misnawati
Keywords: Kecerdasan naturalis anak;Permainan bahan alam
Issue Date: Aug-2016
Abstract: Penelitian ini dilakukan karena masih Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Kegiatan Permainan Bahan Alam Di RA Islam Yaskumam Indrapura Kab. Batu Bara. Rumusan masalah yang diteliti adalah Bagaimana meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Kegiatan Permainan Bahan Alam Di RA Islam Yaskumam Indrapura Kab. Batu Bara. Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Kegiatan Permainan Bahan Alam Di RA Islam Yaskumam Indrapura Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas,yang terdiri dari 3 Siklus terdiri dari 5 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek peneltitian ini adalah anak didik kelas B RA Islam Yaskumam Indrapura Kab. Batu Bara. Instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dapat dilihat dari kategori predikat tingkat keberhasilan proses peningkatan kecerdasan naturalis anak. Hasil penelitian yang peneliti lakukan melalui kegiatan permainan bahan alam untuk meningkatkan kecerdasan naturalis, dari 16 anak yang diteliti dengan hasil pada prasiklus, dengan hasil 33 %, siklus 1 dengan hasil 47,75 %). Siklus 2 dengan hasil 68,75 %. Pada Siklus 3 kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan permainan bahan alam mengalami peningkatan dengan hasil 89,58 %). Setelah dilakukan penelitian yang dimulai dari pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 maka dapat disimpulkan bahwa Melalui Kegiatan Permainan Bahan Alam Di RA Islam Yaskumam Indrapura
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15263
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MISNAWATI.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.