Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15198
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBanurea, Bagus k-
dc.date.accessioned2021-06-12T02:24:29Z-
dc.date.available2021-06-12T02:24:29Z-
dc.date.issued2021-05-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15198-
dc.description.abstractAdapun pokok permasalahan yang dijadikan dasar dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana hal yang melatar belakangi munculnya kerajaan Banurea di Kabupaten Dairi dan bagaimana penyebaran Islam di Kerajaan Banurea di Kabupaten Dairi serta Kurikulum yang digunakan pada masa pendidikan Islam di Kerajaan Banurea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang dan sejarah munculnya kerajaan Banurea di Desa Tambahan serta bagaimana penyebaran pendidikan islam dan kurikulum yang digunakan dalam proses dakwah yang dilakukan. Penggunaan metode dalam penelitian kali ini adalah dengan menggunkan metode field research atau penelitian yang berfokus pada penelitian di lapangan dengan memanfaatkan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan. Dari penelitian yang telah dilakukan adapun hasil yang diperoleh ialah bahwa marga Banurea yang mendiami wilayah di Desa Tambahan bukanlah penduduk asli dari daerah tersebut melainkan pendatang yang di berikan tempat oleh Raja yang mendiami wilayah tersebut. Penyebaran Islam yang terjadi tidak terlepas dari peranan Raja Koser Maha yang pertama kali mendakwahkan Islam di tanah Dairi yang kemudian dilanjut dengan munculnya beberapa tokoh yang berperan melanjutkan dakwah Raja Koser Maha.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPenyebaran Islamen_US
dc.subjectKerajaan Banureaen_US
dc.titleSistem Pendidikan Islam di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Studi Analisis Pada Masa Kerajaan Banurea)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BAGUS K BANUREA 1701020042.pdf2.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.