Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15182
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Ditha Amalia-
dc.date.accessioned2021-06-09T07:31:34Z-
dc.date.available2021-06-09T07:31:34Z-
dc.date.issued2021-03-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15182-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Puskesmas Glugur Darat Kota Medan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Dalam Rangka Bantuan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Di Kota Medan, jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomena di lapangan dan menjabarkan temuan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dari 4 narasumber diketahui bahwa Bantuan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin di Kota Medan sudah berjalan dengan baik yang didasarkan pada kategorisasi sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai yaitu dengan memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat juga sangat terbantu untuk mendapatkan pengobatan yang dibutuhkam dengan tanpa biaya. Tindakan yang dilakukan Puskesmas Glugur Darat dalam menjalankan kebijakan sudah baik dan tepat dengan pemenuhan fasilitas kesehatan, pembagian bantuan kartu sehat/BPJS, serta sosialisasi dan himbauan untuk kesehatan dan keselamatan kerja pada masyarakat dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya sehat itu. Sumber daya manusia yang terkait dengan Puskesmas belum memadai dan belum sesuai untuk kebutuhan pasien yang berobat ke Puskesmas, karena itu membuat pasien yang lainnya datang untuk berobat menjadi menunggu lama akibat dari kekurangan tenaga medis tersebut. Tetapi sebisa mungkin pihak Puskesmas memaksimalkan fungsi yang ada, kemudian penyampaian informasi ataupun komunikasi yang dilakukan pihak Puskesmas Glugur Darat sudah dilakukan dengan baik. Dengan adanya web digital yang bisa diakses oleh masyarakat dan ada juga fasilitas mobile JKN dimana masyarakat dapat berkonsultasi ataupun bertanya diluar jam pelayanan, dan melakukan sosialisasi juga bekerjasama dengan instansi-instansi terkait dan juga memberikan informasi-informasi tentang BPJS kesehatan dengan membuat pajangan dalam bentuk banner ataupun poster.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectpelayanan kesehatanen_US
dc.subjectmasyarakat dan sosialisasien_US
dc.titleImplementasi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Dalam Rangka Bantuan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Di Kota Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Public Administration Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Ditha Amalia Lubis.pdf1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.