Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15168
Title: Budaya Pop Dan Persaingan Identitas (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime Attack On Titan)
Authors: Efendi, Zulfan
Keywords: Budaya Pop;Persaingan Identitas;Anime;Attack On Titan
Issue Date: 4-May-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Di era revolusi informasi dan teknologi sekarang proses komunikasi pada masa sekarang ini tidak terjadi antar individu dalam bentuk tatap muka saja, namun lebih dari itu, perkembangan teknologi dan informasi telah memperluasnya. Berbicara tentang komunikasi dan teknologi sekarang tidak lepas pula dari pembahasan kandungan yang ada dalam komunikasi tersebut. Seperti tren budaya populer yang di ambil dari budaya luar menjadi budaya yang dipakai oleh masyarakat, mulai dari gaya hidup, gaya komunikasi, konsep diri, artefak atau produk dan sebagainya.Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya budaya populer Jepang telah berhasil menarik perhatian masyarakat internasional. Peneliti mengambil lokasi penelitian di komunitas Anime Attack On Titan Medan. Penelitian dengan judul “Budaya Pop Dan Persaingan Identitas (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime Attack On Titan)”, memiliki rumusan masalah Bagaimanakah Proses Budaya Pop dan Persaingan Identitas yang ada di Indonesia sehingga menjadi Budaya Pop yang digandrungi dan menjadi budaya seutuhnya pada masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana proses Komunikasi Budaya Anime Attack On Titan pada komunitas Anime Attack On Titan di kota Medan. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi, teori budaya, teori budaya pop, Karakteristik Budaya Populer, teori persaingan identitas, teori anime, teori komunitas, teori budaya populer, komunitas dan Attack on Titan. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengataman, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 5 (lima) orang narasumber terdiri dari ketua, sekretaris dan anggota komunitas Anime Attack on Titan Medan dengan mengajukan masing-masing 15 (lima belas) pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Komunitas anime Attack on Titan pun lebih menonjol dikarenakan memiliki visi dan misi yang jelas dan mengikuti trend yang sedang berkembang dari anime Attack on Titan. Di masyarakat dengan adanya komunitas anime Attack on Titan Medan yang menjadi wadah bagi para penggemar anime Attack on Titan dalam bertukar informasi maupun menyebarkan budaya tersebut. sehingga masyarakat dapat menerima adanya budaya tersebut. Masyarakat juga banyak yang mengikuti tren budaya contohnya meniru gaya menyerupai karakter yang ada dalam anime.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15168
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revisi Benar Zulfan Efendi NPM 1703110033.pdf4.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.