Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15157
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFadli, Hayatul-
dc.date.accessioned2021-06-07T08:05:51Z-
dc.date.available2021-06-07T08:05:51Z-
dc.date.issued2021-05-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15157-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen atau eksperimen semu dimana siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran model pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual sedangkan kelompok kontrol tidak.. Sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas IX untuk kelas eksperimen dan 24 siswa kelas IX 1 untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive, instrument yang dipakai dalam 2 penelitian berupa tes berbentuk pilihan pengumpulan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian yang diperoleh adah adanya peningkatan hasil belajar siswa pada saat diterapkan model pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTs Islamiyyah Suluh Medan. Hal ini dapat dilihat dari tabel distribusi nilai ttabel dengan tingkat kebebasan (df) adalah 48 pada tingkat signifikan 5% adalah 1,67, sedangkan nilai thitung adalah 7,1. Hasil perhitungan menujunjukkan bahwa nilai thitung lebih tinggi dari ttabel ((thitung > ttabel) : 7,1 > 1,67). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, dengan hipotesis berbuni “ Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Audio Visual pada mata pelajaran fikih materi jual beli di di MTs Islamiyyah Suluh Medan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Explicit Instructionen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectFiqihen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Islamiyyah Suluh Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Hayatul Fadli,S.Pd.pdf2.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.