Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15137
Title: PERBEDAANAPENGARUHAPENERAPANAMODELAPEMBELAJARAN DISCOVERYALEARNINGADANAPROBLEMABASEDALEARNING BERBANTUANAGEOGEBRAAUNTUKAMENINGKATKAN KEMAMPUANABERPIKIR KRITISADAN AMOTIVASIABELAJARASISWA
Authors: SUBAGIO, LILIK
Keywords: DL. PBL, Geogebra,;Berpikirakritis;MotivasiaBelajar
Issue Date: 9-Mar-2021
Abstract: Kemampuanaberpikirakritisadan motivasiabelajar siswaamasiharendah, sehingga diperlukanaupaya untukameningkatkannya. Salahasatunya denganamenerapkan model DL danaPBL berbantuanaGeogebra. Penelitianaini bertujuanauntuk mengetahuiadan menganalisisaperbedaan pengaruhapenerapan modelaDL danamodel PBLaberbantuan Geogebraauntuk meningkatkanakemampuan berpikirakritis dan motivasi belajar siswa, hal ini disebabkan karena kemampuan berpikir kritis dan motivasiabelajar siswa masih tergolong rendah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang diterapkan pada dua kelas dengan model DL dan PBL yang masing-masing berbantuan Geogebra. Hasilapenelitian dianalisisamenggunakan analisis deskriptif danainferensial. Berdasarkanahasil analisis deskriptifadiperoleh rata-rata kemampuan berpikirakritis kelasaeksperimen 1 adalah 82,00 dan kelasaeksperimen 2 adalah 84,64 lebih besar dari KKM yang ditetapkan yaitu 70, dan rata-rata motivasi belajar kelasaeksperimen 1 adalah 123,06 sedangkan untuk kelasaeksperimen 2 rata-ratanya adalah 121,31 meningkat dari rata rata motivasiabelajar siswa di awal. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran yaitu DL dan PBL berbantuan Geogebra sama-samaamemberikan pengaruh positif dalam peningkatan kemampuan berpikirakritis dan motivasiabelajar siswa. Akan tetapi tidak terdapataperbedaan pengaruh dari penerapan kedua modelapembelajaran. Dari analisis data juga dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antaraaKAM dan model DL berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikirakritis, juga terdapat interaksi antara KAM dan model PBL berbantuan GoeGebra terhadap peningkatan motivasiabelajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15137
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS LILIK SUBAGIO 1820070015.pdf2.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.