Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1511
Title: Penerapan Model Pembelajaran Klasikal Melalui Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah Pendek Pada Anak Ra Al-Quran Ulfah Kota Padang Sidempuan”
Authors: Nasution, Siti Maryam Ulfah
Keywords: Pembelajaran Klasikal;Audi Visual
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan yang seharusnya dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek Alquran menggunakan penerapan model pembelajaran klasikal melalui audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek pada anak RA Al-Quran Ulfah Kota Padang Sidempuanberhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 21,9%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 42,2%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 85,9%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek Alquran pada anak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1511
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI MARYAM.pdfFulltext4.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.