Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1505
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Evi Nirmala-
dc.date.accessioned2020-03-02T08:53:13Z-
dc.date.available2020-03-02T08:53:13Z-
dc.date.issued2018-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1505-
dc.description.abstractTujuan utama penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika melalui metode kerja kelompok pada anak Kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek penelitian adalah 22 anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode kerja kelompok mampu meningkatkan kemampuan matematika pada anak. Peningkatan kemampuan matematika anak terjadi secara bertahap sejak prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada kondisi sebelum diterapkan metode kerja kelompok, kemampuan matematika pada anak hanya mencapai angka 42,04 % dengan kriteria kurang. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan matematika anak yang mencapai angka 65,91 % dengan kriteria cukup. Pada kondisi siklus II terjadi peningkatan kemampuan matematika anak yang mencapai angka 95,46 % dengan kriteria baik.en_US
dc.subjectKemampuan Matematikaen_US
dc.subjectKerja Kelompoken_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Matematika Melalui Metode Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok B Di Ra Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakamen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Evi Nirmala Hasibuan 1.pdfFulltext2.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.