Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15052
Title: Analisis Aliran Aerodinamika Pada Skateboard Berbasis Software Solidwork
Authors: Fachri, Muhammad
Keywords: Kontur Kecepatan;Lintasan Aliran;Tahanan Hambatan;Koefisien 3 Hambatan;Aerodinamis
Issue Date: 24-Mar-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Pada penelitian ini desain bodi skateboard yang dirancang akan dibuat lebih efisien dari desain skateboard yang seperti biasa ditemui pada umumnya. Karena Seiring berjalan nya waktu penelitian aerodinamika pada suatu bentuk kendaraan model dulu hingga sekarang mengalami penurunan nilai pada koefisien drag. Untuk mendapatkan penurunan nilai yang rendah tersebut maka dilakukan cara dengan mendesain bodi skateboard agar efisien sehingga mengarah pada penurunan tahanan hambatan dan mendapatkan hasil bentuk yang aerodinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui suatu bentuk garis kecepatan, linstasan aliran, tahanan hambatan, dan tahanan koefisien yang diterima oleh bentuk skateboard. Penelitian analisis aliran aerodinamika pada skateboard ini dilakukan menggunakan suatu proses analisis yaitu simulasi aliran yang tersedia pada perangkat lunak Solidworks 2016. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dilihat dari bentuk garis kecepatan dan lintasan aliran hasil analisis diperoleh bahwa bentuk skateboard desain 2 memiliki pola aliran yang lebih lancar pada bagian papan atas dibandingkan jenis bentuk skateboard desain 1 yang menghasilkan putaran aliran balik pada bagian atas papan. Serta didukung oleh hasil perbandingan desain 1 dan desain 2 diambil data nilai yang paling tertinggi pada masing-masing desain dengan kecepatan 35 m/s dengan densitas fluida 1,225 𝑘𝑔/𝑚 maka didapat nilai tahanan hambatan pada desain 1 adalah 10,94169313 N dan koefisien hambat nya 9,06215e -07 dan sedangkan pada desain 2 didapat nilai tahanna hambatan nya 6,642596152 N dan koefisien hambat nya 7,11141E07, setelah mengetahui hasil dari simulasi tampak terlihat bahwa konsep pada desain kedua memiliki nilai yang lebih aerodinamis.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15052
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir Muhammad Fachri.pdf2.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.