Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1497
Title: PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MODEL PBL DAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MULTIMEDIA KOMPUTER DI MTs AL-WASHLIYAH 28 SERGAI
Authors: Syafrizal, Agus
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning;Model Pembelajaran Group Investigation;Kemampuan Penalaran Matematis;Aktivitas Belajar Siswa
Issue Date: 8-Aug-2019
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara kemampuan penalaran siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan dengan model pembelajaran Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (2) Apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan dengan model pembelajaran Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (3) Apakah ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran siswa, (4) Apakah ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan multimedia komputer (Kelas Eksperimen I) dan pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan multimedia komputer (Kelas Eksperimen II). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Washliyah 28 Sergai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) tes kemampuan awal, (2) tes kemampuan penalaran matematis, (3) angket aktivitas belajar, dan (4) tes prestasi. Istrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (Anova) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia komputer dan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia komputer dan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (3) Adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran siswa, (4) Adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap aktivitas belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1497
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS AGUS SYAFRIZAL.pdf4.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.