Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14868
Title: PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI KOTA MEDAN
Authors: PRASETYA, ANGGA
Keywords: Kinerja Pemasaran;Orientasi Pasar;Inovasi Produk;UMKM
Issue Date: 6-Nov-2020
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM di Kota Medan. Metodologi asosiatif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Semua UMKM bidang kuliner khususnya minuman di Kecamatan Medan Maimun, Medan Tembung, Medan Marelan, dan Medan Denai menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Kuisioner dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya merupakan teknik pengumpulan data yang digunakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Analisis model pengukuran / measurement model analysis (outer model); (2) Analisis model struktural / structural model analysis (inner model); dan (3) Uji sobel analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi produk dengan nilai 0,561 dan P-value 0,000 adalah positif signifikan. (2) Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan nilai 0,084 dan P-Values 0,316 bersifat positif namun tidak signifikan. (3) pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan nilai 0,623 dan P-value 0,000, adalah positif dan signifikan. (4) peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan nilai z hasil = 5,08886 dinilai positif signifikan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14868
Appears in Collections:Masters in Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS ANGGA PRASETYA 1820030024.pdf6.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.