Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1485
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBATU BARA, MAISYARAH-
dc.date.accessioned2020-03-02T03:23:58Z-
dc.date.available2020-03-02T03:23:58Z-
dc.date.issued2019-03-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1485-
dc.description.abstractMaisyarah Batubara. 2019. Eksperimentasi Metode Problem Posing dan Snowball Throwing Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Medan: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa pada kedua pembelajaran, (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Problem Posing dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Barkah Tahun Pelajaran 2018/2019. Secara acak, dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan metode Problem Posing dan kelas eksperimen 2 diberi perlakukan metode Snowball Throwing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes kemampuan awal matematika siswa dan (2) test kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien realibitas dan dinyatakan valid dan reliabel dengan interpretasi tinggi baik tes kemampuan awal matematika maupun tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Analisis data yang dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil Penelitian menunjukkan (1) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif Matematika, proses jawaban siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing (kelas eksperimen 2) lebih baik dari pada proses jawaban siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Problem Posing (kelas eksperimen 1), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Problem Posing dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing.en_US
dc.subjectMetode Problem Posingen_US
dc.subjectMetode Snowball Throwingen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatif Matematika.en_US
dc.titleEKSPERIMENTASI METODE PROBLEM POSING DAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MAISYARAH BATUBARA.pdf6.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.