Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14735
Title: Desain Pengembangan Alat Peraga Jam Logaritma Berbasis Pemahaman Konsep Pada Materi Logaritma
Authors: Hajar, Siti
Keywords: Desain Pengembangan;Alat peraga Jam Logaritma;Logaritma
Issue Date: 9-Nov-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Rendahnya kemampuan matematika siswa pada materi Logaritma disebabkan karena kurangnya alat peraga yang mendukung pembelajaran pada materi Logaritma sehingga peneliti mendesain sebuah alat peraga yang dapat mendukung pembelajaran matematika pada materi Logaritma. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan alat peraga jam logaritma yang berbasis konsep pada materi Logaritma. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan ADDIE yaitu dahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan ahli dan instrument evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,60 dengan persentase 90,00 % memenuhi kriteria layak. Hasil penilaian akhir pada IPPP-2 oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata skor 3,40 dengan persentase 85,00 % memenuhi kriteria layak. Serta hasil penilaian akhir pada IPPP-3 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,30 dengan persentase 82,30 % memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data siswa kelas X TBSM SMK Muhammadiyah 9 Medan pada tes hasil belajar digunakan ternyata siswa tersebut melebihi batas ketuntasan yang sudah dicapai yaitu 80%. Dengan demikian dari hasil ketuntasan siswa yang melaksanakan uji coba penelitian kelompok kecil dan mengerjakan soal tes mencapai skor lebih dari batas 80% maka alat peraga jam logaritma terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan alat peraga Jam Logaritma efekifs digunakan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14735
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi siti hajar 1602030042.pdf5.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.