Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14684
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Rafika Purnama-
dc.date.accessioned2020-12-29T06:34:44Z-
dc.date.available2020-12-29T06:34:44Z-
dc.date.issued2015-09-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14684-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran inkuiri, kemudian untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi dengan model konvensional. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta YPK Medan di kelas X. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa dan sampel diambil secara Total sampling class (sampel total), siswa yang ada di kelas Xmia-I berjumlah 40 siswa, Xmia-II berjumlah 39 siswa, Xiis-I berjumlah 39 dan Xiis-II berjumlah 39 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukan pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi, dengan model ini peneliti menggunakan harga pada Ttabel sebagai langkah–langkah dalam mengelola hasil data yang diperoleh siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai menentukan struktur teks laporan hasil observasi. Penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukan 26 siswa mendapat nilai baik sekali dengan presentase 26%, 13 siswa mendapat nilai baik dengan presentase 32,5%, 1 siswa mendapat nilai gagal dengan presentase 2,5%. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukan 6 siswa mendapat nilai baik sekali dengan presentase 15,4%, 17 siswa mendapat nilai baik dengan presentase 43,6%, 7 siswa mendapat nilai cukup dengan presentase 17,9%, 4 siswa mendapat nilai kurang dengan presentase 5,2% dan 3 siswa mendapat nilai gagal dengan presentase 7,7% maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dan menggunakan model konvensional, Hal ini dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pada tingkat sangat baik yaitu pada kelas eksperimen adalah 84,1 (mean) dan pada kelas kontrol 65,4 (mean). Selanjutnya dalam pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu ( 5,807 > 1,664 ) artinya model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh terhadap kemampuan menentukan struktur teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPembelajaran Inkuirien_US
dc.subjectMenentukan Strukturen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Rafika Purnama Sari.pdf3.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.