Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14664
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSimarmata, Bambang Rizki Prayoga-
dc.date.accessioned2020-12-18T07:25:09Z-
dc.date.available2020-12-18T07:25:09Z-
dc.date.issued2020-11-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14664-
dc.description.abstractPemilihan Umum (Pemilu) merupakan sebuah ajang pesta demokrasi yang merepresentasikan hak-hak rakyat dalam sebuah pemilihan pimpinan baik di tingkat daerah dan tingkat nasional. Masih banyak persoalan terkait kesadaran masyarakat untuk terlibat dan menggunakan hak-hak suaranya karena pengalaman-pengalaman politik yang dipraktikkan oleh penguasa. Oleh karena itu KPU sebagai penyelenggara memiliki tugas untuk mensukseskan pesta demokrasi ini melalui peran humas dalam menjembatani dan memberikan informasi-informasi yang konstruktif kepada masyarakat untuk meyakinkan masyarakat secara sukarela memberikan hak suaranya pada Pilkada Kota Medan tahun 2020. Tujuan penelitian ini meliputi: 1). Mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab Humas KPU dalam mensosialisasikan Pilkada 2020; 2). Menganalisis bentuk-bentuk sosialisasi yang dilakukan Humas KPU dalam mensosialisasikan Pilkada 2020. Metode yang digunakan untuk menggali data ini adalah metode penelitian deskriptip kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan sasaran komunikasi diketahui bahwa sebelum melakukan sosialisasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Medan maka dilakukan rapat guna merencanakan sosialisasi yang akan diselenggarakan serta objek yang akan dituju untuk sosialisasi. Dari pemilihan media komunikasi dilakukan dengan membuat selebara-selebaran atau pamphlet mengenai pilkada Kota Medan guna menambah informasi bagi masyarakat yang membacanya dan dapat membantu melancarkan sosialisasi. Dari pengkajian tujuan pesan komunikasi diketahui pihakpihak yang terkait dalam pelaksanaan sosialisasi Pilkada Kota Medan harus lebih fokus terutama dalam menyampaikan tujuan dari sosialisasi. Peran humas dalam komunikasi dapat dilihat dari dampak positif yang dihasilkan dalam sosialisasi pilkada yang mana semua pihak yang terkait dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan sebelum sosialisasi dilakukan.en_US
dc.subjectPeran Humas KPUen_US
dc.subjectMensosialisasikan Pilkada 2020en_US
dc.titlePeran Humas Komisi Pemilihan Umum Kota Medan Dalam Mensosialisasikan Pilkada 2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Bambang rizki prayoga simarmata.pdf971.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.