Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14627
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Arif Hidayat-
dc.date.accessioned2020-12-17T03:24:48Z-
dc.date.available2020-12-17T03:24:48Z-
dc.date.issued2020-09-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14627-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Meaningful Instructionnal Design terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Rahmat Islamiyah Medan dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran Meaningful Instructionnal Design dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa yaitu 35 siswa pada kelas VIII-A untuk kelas eksperimen, dan juga berjumlah 35 siswa VIII-B pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Meaningfull Instructional Design terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII Sekolah SMP Rahmat Islamiyah Medan. Hal ini dibuktikan dengan uji “t” pada dua kelas di mana thitung> ttabel yaitu 3,572>1,668 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolaken_US
dc.subjectMeaningfull Instructional Designen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pengaruh Metode Pembelajaran Meaningful Instructionnal Design Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Rahmat Islamiyah Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Arif Hidayat Siregar.pdf3.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.