Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14613
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKholijah, Nur-
dc.date.accessioned2020-12-17T03:07:14Z-
dc.date.available2020-12-17T03:07:14Z-
dc.date.issued2020-11-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14613-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami nilai- nilai pendidikan islam yangberawal dari masa perkawinan yang ideal dan kaitannya dengan pendidikan dan penanaman nilai- nilai pendidikan islam pada anak atau peserta didik tersebut. Rumusan masalah yang dibuat adalah apakah nilai- nilai pendidikan islam menurut perspektif pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan bagaimana penanaman nilai- nilai pendidikan islam tersebut dapat di realisasikan dalam kehidupan nyata oleh peserta didik baik didalam lingkungan sekolah maupun dalam keluarga. Latar belakang adanya penelitian ini adalah pendidikan merupakan salah satu kunci utama seorang anak untuk memperoleh pembelajaran dan pengajaran dengan mengarah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya tidak hanya aspek pengetahuan namun kepribadiannya. Dilihat dari zaman sekrang yang mempengaruhi pendidikan dan pemikiran pendidikan yang ada maka nilai kemurnian pendidikan sangatlah penting untuk tetap dipertahankan kemurnian yang sebenarnya.pengertian pendidikan yang sebenarnya ialah usaha menolong anak untuk menolong mengembangkan sikap kepribadian pada anak tersebut.Juga menurut Prof. Dr. H. Haris Supranto di bukunya Muchlis Samadi, menyatakan “Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi keluarga maupun negara yang sangat bermakna, pendidikan yang bermakna merupakan upaya membantu anak didik untuk memperdayakan potensi yang dimilikinya. Sedangkan pendidikan islam itu sendiri adalah Menurut Sidi Gazalba adalah sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah dan menurut pembuktian empirik, melainkan soal penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki, disenangi dan tidak disenangi. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian berjenis kajian pustaka atau library research dengan menelaah buku Tarbiyatul Aulad karya Abdullah Nashih Ulwan jilid I dan II yang bertujuan untuk memahami apa saja nilai- nilai pendidikan islam yang dipaparkan oleh beliau, adapun teknik penelitian ini penulis menggunakan analisis teks wacana. Hasil dari analisis yang diperoleh adalah (1) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan sebagai fitrah manusia (2 ) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan sebagai sosial interest (3) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan pilihan (4) nilai pendidikan islam dengan keteladanan (5) nilai pendidikan islam dengan kebiasaan (6) nilai pendidikan islam dengan nasihat (7) nilai pendidikan islam dengan memberikan perhatian (8) nilai pendidikan islam dengan memberikan hukuman. Dengan itu kesimpulannya bahwa nilai pendidikan islam itu dapat direalisasikan dan diusahakan dengan usaha dari para pendidik baik dilingkungan sekolah atau keluarga sendiri dengan menggunakan nilai- nilai pendidikan islam menurut perspektif pemikiran abdullah nashih ulwan itu tersebut. Karena pendidikan keluarga dan lingkungan menjadi salah satu tolak ukur berkualitas atau tidaknya seorang anak atau peserta didik tersebut.en_US
dc.subjectNilai Pendidikan Islamen_US
dc.subjectMasa Perkawinanen_US
dc.subjectPenanamanen_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan Islam Menurut Perspektif Pemikiran Abdullah Nashih Ulwanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR KHOLIJAH3.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.