Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14589
Title: Pola Asuh Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Usia Dini Pada Kelas A di RA Miftahul Jannah Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak
Authors: Purwanti, Sasha Dwi
Keywords: Kemandirian;Pola Asuh Otoriter;Demokratis dan Permisif
Issue Date: 20-Oct-2020
Abstract: Penelitian kualitatif ini dilatar belakangi dengan pola asuh apa yang digunakan oleh orang tua siswa kelas A di RA Miftahul Jannah Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak. Pola asuh orang tua yang diberikan pada anak akan mempengaruh kemandirian pada diri anak. Berdasarkan masalah diatas, diharapkan bagi orang tua agar lebih selektif dalam memilih pola asuh yang cocok bagi anak. Dalam proses pelaksanaannya peneliti menggunakan subjek 5 orang anak dengan rincian 3 orang laki-laki dan 2 oang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, pembagian angket dan dokumentasi.Metode yang digunakan ini untuk mencari data yang berhubungan langsung dengan keadaan subjek yang berupa pola asuh orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang diasuh dengan pola asuh otoriter tumbuh dengan sikap kemandirian yang baik namun lebih pendiam, dan tidak percaya diri, anak dengan pola asuh demokratis memiliki kemandirian yang sangat baik, suka membantu temannya, dan bertanggung jawab, dan anak dengan pola asuh permisif memiliki kemandirian yang buruk, suka mencari perhatian, agresif, tidak antusias saat belajar. Hal ini menyimpulkan bahwa orang tua harus lebih selektif dalam memilih pola asuh yang baik bagi anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik, karena pola asuh akan sangat berpengaruh pada kemandirian anak dimasa depan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14589
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Sasha Dwi Purwanti.pdf4.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.