Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14534
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDayani, Mayang Murni-
dc.date.accessioned2020-12-15T08:03:21Z-
dc.date.available2020-12-15T08:03:21Z-
dc.date.issued2020-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14534-
dc.description.abstractModul merupakan suatu perangkat pembelajaran yang membahas tentang suatu pokok bahasan yang disusun secara sistematis dan berurutan untuk memudahkan siswa mencapai dan menguasai suatu kompetensi yang tepat sasaran disertai dengan pedoman penggunaannya untuk guru. Modul dapat dimanfaatkan oleh guru BK/Konselor dalam melaksanakan layanan untuk melakukan pencegahan atau pengentasan permasalahan siswa yang ada di sekolah seperti bimbingan karir untuk studi lanjut. Fenomena di lapangan ditemukan adanya indikasi terjadinya tidak sesuai dalam memilih studi lanjut dikalangan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merumuskan modul bimbingan karir untuk studi lanjut siswa di sekolah yang layak secara isi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor, dan (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian rumusan modul bimbingan karir untuk studi lanjut siswa di sekolah oleh guru BK/Konselor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari (3) ahli isi di bidang bimbingan dan konseling, dan (3) sasaran pengguna produk (guru BK/Konselor), yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel uji coba penelitian yaitu 3 orang ahli isi, 1 orang guru BK untuk uji coba perseorangan, dan 2 orang Konselor untuk uji coba keterpakaian. Penelitian ini dilakukan dengan menguji coba produk penelitian dan memberi penilaian dengan mengisi angket dan melakukan Focus Group Discussion (FGD), selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul bimbingan dan konseling yang dikembangkan secara isi layak digunakan oleh guru BK/Konselor untuk studi lanjut siswa di sekolah, dan (2) modul bimbingan karir yang dikembangkan dapat dimanfaatkan/dipakai oleh guru BK/Konselor untuk studi lanjut siswa di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa produk penelitian yang berupa modul bimbingan karir untuk studi lanjut siswa di sekolah dinyatakan layak secara isi dan dapat dimanfaatkan/dipakai oleh guru BK/Konselor dalam usaha membantu menentukan studi lanjut pada jenjang SLTP.en_US
dc.subjectModulen_US
dc.subjectStudi Lanjuten_US
dc.title“Pengembangan Modul Bimbingan Karir Untuk Studi Lanjut Siswa/i Kelas VIII Yayasan Pendidikan Ikhwanul Muslimin II T.A 2019/2020”.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Mayang Murni Dayani NPM 1602080077.pdf1.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.