Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14498
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPane, Nora Hanifa-
dc.date.accessioned2020-12-08T04:12:48Z-
dc.date.available2020-12-08T04:12:48Z-
dc.date.issued2020-11-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14498-
dc.description.abstractInteraksi sosial adalah sebuah hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan individu yang satu dengan individu lainnya,antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun kelompok dengan individu. Dalam interaksi juga terdapat symbol, dimana siymbol diartikan suatu yang nilai atau maknanya diberikan kepada mereka yang menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui bagaimana interaksi sosial siswa di kelas VIII-2 di sekolah SMP Swasta Budi Satrya Medan dengan menggunakan sosiometri dan juga dibantu dengan tindakan yang berasal dari layanan yang ada pada bimbingan konseling yaitu konseling kelompok. Adapun subjek dari penelitian ini adalah 10 orang siswa yang memiliki interaksi yang kurang baik atau yang kurang berkesan di hati teman-teman yang lainnya.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha meningkatkan interaksi sosial siswa dengan menggunakan sosiometri. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa ada beberapa siswa yang memiliki interaksi yang kurang baik,namun karena penelitian menggunakan tindak lanjut berupa konseling kelompok maka hanya dapat dipilih 10 orang saja. Sebelum dilaksanakan konseling kelompok hanya ada 2 orang yang berhasil masuk kepada kategori popular. Pada siklus I setelah dilakukan konseling kelompok sudah terjadi peningkatan interaksi sosial siswa dikelas yakni sebanyak 50% walaupun belum mencapai target keberhasilan. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan kembali sebanyak 60% dan pada siklus II ini sudah mencapai tingkat keberhasilan. Jadi penggunaan sosiometri dapat meningkatkan interaksi sosial siswa namun juga dibantu dengan adanya tindak lanjut berupa layana konseling kelompok di sekolah SMP Swasta Budi Satrya Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa (anggota kelompok) meningkat, hal ini dapat membuktikan dari hasil analisis angket sosiometri, observasi, dokumentasi.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectImplementasi Sosiometrien_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.subjectSMP Budi Satrya Medanen_US
dc.titleImplementasi Instrumen Sosiometri Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Satrya Medan Tahun Ajaran 2019/2020.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nora Hanifa Pane_1602080020.pdf2.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.