Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14473
Title: Analisis Framing Pemberitaan Pemilihan Presiden 2019 Di Majalah.Tempo.co
Authors: Lubis, Putra Perwira Guna
Keywords: analisis framing;pemilihan presiden 2019;majalah.tempo.co
Issue Date: 10-Nov-2020
Abstract: Pemilihan Presiden 2019 memunculkan dua kubu yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto, yang seolah-olah membuat pembagian di masyarakat. Kondisi adanya dua kelompok masyarakat di Indonesia pada saat Pemilihan Presiden 2019 atas dasar dukungan terhadap calon presiden dengan sebutan “cebong” dan “kampret”, kiranya menjadi kajian menarik dalam ranah akademik, khususnya bidang komunikasi. Penelitian ini bertujuan menganalisa bagaimana media massa khususnya majalah.tempo.co, melakukan framing atas isu yang berkaitan dengan Pemilihan Presiden 2019, yang diterbitkan di laman majalah.tempo.co. Adapun objek dalam penelitian ini adalah majalah.tempo.co yang merupakan bentuk penyajian secara daring dari media cetak majalah Tempo. Perangkat analisa yang dipakai adalah model analisis framing yang dikembangkan oleh Robert N. Entman. Dengan menggunakan perangkat analisa tersebut, maka bisa disimpulkan hasil penelitiannya adalah majalah.tempo.co dalam setiap tahapan Pemilihan Presiden 2019 selalu menyajikan secara bebas pendefenisian masalah dalam setiap pemberitaan yang disajikan. Majalah.tempo.co juga tetap menyajikan secara bebas aktor yang menjadi sumber masalah. Majalah.tempo.co menyajikan nilai moral untuk kebaikan bersama dalam melegitimasi maupun mendelegitimasi suatu tindakan. Majalah.tempo.co tetap menghadirkan solusi yang baik untuk ditawarkan pada pemberitaannya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14473
Appears in Collections:Master of Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS_PUTRA PERWIRA GUNA LUBIS_WISUDA.pdf24.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.