Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14419
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRestika, Reka-
dc.date.accessioned2020-12-07T02:30:07Z-
dc.date.available2020-12-07T02:30:07Z-
dc.date.issued2020-11-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14419-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik menggunakan metode Edutainment yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (Plomp, 1997) yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase design, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi media komik, lembar respon siswa terhadap media komik, dan lembar wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dengan siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang pada materi aljabar. Berdasarkan hasil validasi media komik didapat bahwa media komik dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,6651 dan ahli media 3,85. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap media komik didapat bahwa media komik dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,38. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa didapat bahwa media komik dinyatakan efektif karena dapat memotivasi minat belajarnya lebih giat lagi.en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectMedia Komiken_US
dc.subjectModel Pembelajaran Induktifen_US
dc.subjectModel Plompen_US
dc.subjectMateri Aljabar.en_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Siswa Berbasis Komik Menggunakan Model Pembelajaran Induktif Pada Materi Aljabar.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REKA FULL.pdf5.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.