Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14391
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNingsih, Arnaini Reva-
dc.date.accessioned2020-12-04T02:23:02Z-
dc.date.available2020-12-04T02:23:02Z-
dc.date.issued2020-11-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14391-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan di bidang ilmu pendidikan dan teknologi yang semakin pesat akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan masyarakat di berbagai bidang. Penggunaan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dianggap mampu membantu dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan motivasi belajar matematika siswa pada materi lingkaran. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (AptitudeTreatment Interaction) terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIIISMP TARBIYAH ISLAMIYAH tahun pelajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (AptitudeTreatment Interaction) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelasVIIISMP TARBIYAH ISLAMIYAH tahun pelajaran 2020/2021, 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (AptitudeTreatment Interaction) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan motivasibelajar matematika siswa kelas VIIISMP TARBIYAH ISLAMIYAH tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelasVIIISMP TARBIYAH ISLAMIYAH tahun pelajaran 2020/2021, sementara sampel penelitian ini kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas X VIII B sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi Lingkaran peserta didik kelas VIII SMP TARBIYAH ISLAMIYAH. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji MANOVA diperolehen_US
dc.subjectATI (Aptitude, Treatment, Interaction)en_US
dc.subjectKemampuan Masalahen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Pada Siswa SMP TARBIYAH ISLAMIYAH T.A 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REVA.pdf3.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.