Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14314
Title: Analisa Simpang Tak Bersinyal Pada Ruas Jalan Meranti - Jalan Merbau Di Kota Medan (Studi Kasus)
Authors: Isniani, Asi
Keywords: Persimpangan;Kapasitas, Tundaan;Derajat Kejenuhan;Lalulintas
Issue Date: 13-Nov-2020
Abstract: Persimpangan adalah bagian dari ruas jalan dimana arus dari berbagai arah atau jurusan bertemu. Itulah sebabnya di persimpangan terjadi antar arus dari jurusan yang berlawanan dan saling memotong sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan di sepanjang lengan simpang. Analisa simpang tak bersinyal itu kemacetannya dapat di kurangi dengan memisalkan pemasangan rambu lalu lintas, pelebaran badan jalan, pembuatan pulau pada persimpangan. Salah satu masalah yang perlu diperhatikan adalah persimpangan. Kinerja jalan harus memperhitungkan tundaan akibat adanya simpang, baik itu simpang bersinyal maupun simpang tak bersinyal. Pengambilan data volume lalulintas dilakukan selama 7 hari (31 Agustus 2020 s/d 06 September 2020). Kemudian untuk mengetahui kinerja simpang tak bersinyal pada persimpangan jalan Meranti dan jalan Merbau maka dilakukan analisa volume lalulintas pada persimpangan tersebut pada jam puncak tertinggi dari semua data dan didapat nilai volume puncak yang telah dikalikan dengan nilai emp yaitu 697 smp/jam. Kemudian setelah di analisis, didapat pula nilai kapasitas yang ada di persimpangan tersebut berjumlah 3532 smp/jam. Selanjutnya analisa nilai derajat kejenuhan (DS) dan didapat hasil DS berjumlah 0,2. Kemudian analisis peluang antrian dan didapat hasil peluang antrian berkisar 2,71% - 9,01%. Dapat disimpulkan bahwa dengan nilai derajat kejenuhan tersebut masih dibawah kapasitas itu sendiri atau bisa dikatakan masih dalam kapasitas normal. \
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14314
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR ASI ISNIANI.pdf5.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.