Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14245
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Anak Melalui Kegiatan Membatik Dengan Krayon Di Kelompok B Ra Nurhabibatun Medan
Authors: Nurhabibatun, Suci Agustina
Keywords: Kemampuan Seni;Membatik;Krayon
Issue Date: 14-Nov-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada latar belakang masalah masih rendahnya kemampuan seni anak. Hal ini terihat dari kurang tertariknya anak pada karya seni. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan seni anak melalui kegiatan membatik dengan krayon. Subjek penelitian ini anak kelompok B di RA Nurhabibatun Jalan Marelan VI Pasar II Timur Gg. Perdamaian lingkungana 24 Rengas Pulau, yang terdiri dari 12 anak yaitu 7 anak perempuan dan 5 anak lakilaki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus mulai dari tanggal 15 September sampai 02 Oktober 2020. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan bahwa belum ada anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan siklus I dengan kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara keseluruan meningkat menjadi 13,88%. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan lagi secara keseluruhan meningkat menjadi 58,33%. Kemudian lanjut pada siklus III terjadi peningkatan secara keseluruhan dengan persentase peningkatan rata-rata 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah berhasil karena telah mencapai satndart minimal keberhasilan secara keseluruhan adalah 80%. Dengan adanya perlembangan siklus I, siklus II dan siklus III, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan seni anak kelompok B RA Nurhabibatun Berkembang Melalui Kegiatan Membatik dengan Krayon.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14245
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Suci Agustina Nurhabibatun.pdf1.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.