Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14215
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDelvia, Lisa-
dc.date.accessioned2020-11-27T01:59:14Z-
dc.date.available2020-11-27T01:59:14Z-
dc.date.issued2020-11-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14215-
dc.description.abstractPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi persamaan linier dua variabel yang valid. Penelitianini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan developdilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis reciprocal teaching pada materi persamaan linier dua variabel siswa SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,94 dengan kriteria valid dan guru sebesar 4,25 dengan kriteria sangat valid, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran didapat sebesar 4,38 dengan kriteriasangat validen_US
dc.subjectReciprocal Teachingen_US
dc.subjectPersamaan Linier Dua Variabelen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Reciprocal Teaching Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel Siswa SMPen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LISA DELVIA.pdf2.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.