Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14210
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDalimunthe, Atikah Adzra-
dc.date.accessioned2020-11-27T01:35:28Z-
dc.date.available2020-11-27T01:35:28Z-
dc.date.issued2020-10-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14210-
dc.description.abstractTingkat kemampuan berpikir logis yang dimiliki oleh setiap peserta didik berbeda-beda. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir logis peserta didik. Penggunaan model pembelajaran Quantum merupakan model pembelajaran yang menekankan, “bawalah mereka ke dunia kita, antarkan dunia kita ke dunia mereka.” Dengan kata lain, kita mengajak peserta didik sepenuhnya memusatkan perhatian mereka pada materi yang sedang dipelajari tanpa diikuti rasa tertekan. Quantum merupakan salah satu upaya alternatif yang dapat memaksimalkan kemampuan berpikir logis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas eksperimen yang diajarkan melalui model pembelajaran quantum efektif terhadap siswa dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir logis matematis pada siswa menggunakan model pembelajaran quantum pada siswa kelas VII SMPN 43 Medan tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 43 Medan tahun pelajaran 2020/2021. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan setara dengan model pembelajaran yang berbeda. Dari enam kelas dipilih sampel secara acak sebagai kelas eksperimen yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum. Data hasil penelitian digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 43 Medan model pembelajaran Quantum efektif terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa pada materi himpunan dan dari data yang diperoleh melalui uji gain bahwa hasil dari kelas eksperimen dengan memanfaatkan model pembelajaran Quantum mendapatkan peningkatan 57%, dengan kesimpulan bahwa model pembelajaran quantum cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa SMPN 43 Medanen_US
dc.subjectKeefektifanen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Logisen_US
dc.subjectQuantum.en_US
dc.titleKeefektifan Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Negeri 43 Medan T.P 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ATIKAH.pdf3.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.