Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14205
Title: Desain Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Perbandingan
Authors: Marwiyah, Syaibatul
Keywords: Modul 4-D;Materi Perbandingan
Issue Date: 20-Oct-2020
Abstract: Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika pada materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, karena keterbatasan waktu peneliti, maka penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) saja. Berdasarkan analisis penilaian RPP (IPPP-1) oleh validator kelayakan yaitu dosen ahli materi dan 2 guru matematika diperoleh skor 3 dengan kriteria “Baik”. Selain itu, berdasarkan analisis penilaian modul pembelajaran (IPPP-2) oleh validator yaitu 1 dosen ahli materi dan 2 guru matematika diperoleh skor rata rata total 3,4 dengan kriteria “Baik”. Kemudian modul diuji kelayakannya dan diperoleh skor rata rata total 4,1 dengan kriteria “menarik”. produk pengembangan akan berakhir saat skor penilaian terhadap media pembelajaran ini apabila telah memenuhi syarat kelayakan dengan tingkat kesesuaian materi, kelayakan media, dan kualitas teknis pada modul Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran matematika pada materi perbandingan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar agar dapat belajar secara mandiri dengan bantuan seminimal mungkin dari pendidik dan dapat membantu siswa dalam mempelajari materi perbandingan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14205
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Syaibatul Marwiyah.pdf3.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.