Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14187
Title: Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018
Authors: Elytardi, Riza
Keywords: Model Pembelajaran;CLIS;Hasil Belajar
Issue Date: 3-Apr-2018
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial kelas VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018 dengan menggunakan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science)?. (2) Untuk mengetahui Apakah penerapan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial kelas VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018?. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak 3 tes yaitu tes awal, tes siklus I, tes siklus II. Yang masing masing terdiri dari 7, 10 dan 10 soal. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018 yang berjumlah 30 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini dari 30 orang siswa pada siklus I 18 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 60% pada siklus I ini yang menjadi tujuan penelitian ini belum tercapai dan harus dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 26 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 86,67% pada siklus II ini yang menjadi tujuan penelitian ini sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) pada pokok bahasan Aritmetika Sosial terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-2 di SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14187
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.