Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14180
Title: Penerapan Permainan Bingo Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Swasta PTPN IV Bah Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021
Authors: Iswani, Nur Fitri Peggy
Keywords: Pembelajaran Metode Permainan Bingo;Hasil Belajar Matematika Siswa
Issue Date: 10-Nov-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Swasta PTPN IV Bah Jambi dengan menerapkan permainan Bingo matematika pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran aktif metode permainan Bingo dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Hal ini dapat terlihat dari aktivitas belajar matematika siswa yang meningkat sebesar 11%, berdasarkan data diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I yaitu sebesar 65%, dan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 76%. Penerapan pembelajaran aktif metode permainan Bingo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 90. Rata-rata nilai pada siklus II mengalami peningkaatan dari siklus sebelumnya. Selain itu, pada silus I masih ada siswa yang mendapat nilai dibawah KKM yang ditetetapkan yaitu 70, namun pada siklus II nilai terendahnya adalah 80 dan sudah tidak ada lagi siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan Bingo dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan karena belajar matematika jadi tidak membosankan tetapi justru menyenangkan dan menantang, dimana matematika menjadi permainan bukan pekerjaan atau tugas siswa juga jadi lebih tertarik karena dengan permainan siswa dapat termotivasi untuk bersaing sehat terhadap teman-temannya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14180
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Fitri Peggy Iswani.pdf1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.