Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14043
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Arias Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 H.Perak T.P. 2020/2021
Authors: Syahnanda, Rinas
Keywords: Assurance;Relevance;Interest;Assessment;Satisfaction;Hasil Belajar
Issue Date: 13-Aug-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak oleh karena itu proses pembelajarannya membutuhkan perhatian serius dari semua pihak seperti, guru, lingkungan sekolah, wali peserta didik, dan lingkungan bermain di rumah, karena pembelajaran matematika merupakan proses dimana siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika. Peran beberapa pihak tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya hasil ujian harian siswa yang masih berada dibawah nilai KKM pada pelajaran matematika. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan ini adalah bagaiman agar siswa mampu berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Hal itu perlu adanya strategi guru dalam proses belajar mengajar, Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran ARIAS. Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) adalah usaha pertama dalam kegiatan pembelajaran untuk menanamkan rasa yakin/percaya pada siswa. Kegiatan pembelajaran ada relevansinya dengan kehidupan siswa, berusaha menarik dan memelihara minat/perhatian siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 H.Perak T.P 2020/2021. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Popoulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 H.Perak. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-3 sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 72siswa. Teknik pengambilan data dengan metode Observasi,tes dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar siswa dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMA Negeri 1 H.Perak lebih baik dari pada dikelas kontrol, Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis dengan thitung > ttabel pada taraf α = 0,05 yaitu thitung (5.705) > ttabel (1.994). Hal ini berati Maka Ho ditolak dan Ha diterima
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14043
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporan_rina_2_-Copy-1.pdf5.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.