Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14016
Title: Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kooperatif TPS (Think – Pair – Share) Pada Siswa SMP Negeri 1 Padang Tualang T.P 2020/2021
Authors: Juliyanti
Keywords: Pengembangan;LKPD;Kooperatif TPS (Think – Pair – Share).
Issue Date: 20-Oct-2020
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan LKPD berbasis model kooperatif think pair share memenuhi kriteria valid, layak dan baik untuk digunakan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Kooperatif TPS (Think – Pair – Share) yang valid, layak dan baik untuk digunakan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tualang yang berjumlah 6 orang dan tiga ahli yang terdiri dari dua dosen ahli dan satu guru matematika sebagai validator kevalidan LKPD dan RPP. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis kooperatif TPS (Think – Pair – Share) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian pengembangan ini (Research and Development) menggunakan model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementsi) dan Evaluation (evaluasi). Tetapi peneliti hanya membatasi sampai tahap Development (pengembangan). Tahap Analysis (analisis) merupakan tahap pengumpulan informasi. Tahap Design (desain) yaitu tahap penyusunan desain produk LKPD, terakhir yaitu tahap Development (pengembangan) yang dilakukan pada tahap ini adalah pengembangan RPP, pengembangan LKPD, Validasi ahli, Revisi dan Uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa LKPD berbasis Kooperatif TPS (Think – Pair – Share) yang valid untuk digunakan di SMP Negeri 1 Padang Tualang pada materi sistem persamaan linear dua variabel, berdasarkan hasil penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) didapat presentase sebesar 93% kategori sangat valid dan presentase RPP sebesar 91,25% juga kategori sangat valid. Kelayakan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari tes hasil belajar peserta didik yang diperoleh sebesar 83,3%, sehingga LKPD layak digunakan, dan respon siswa yang diperoleh sebesar 89,79% dengan katogeri baik
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14016
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI JULIYANTI.pdf5.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.