Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14009
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRahmalia-
dc.date.accessioned2020-11-23T01:41:07Z-
dc.date.available2020-11-23T01:41:07Z-
dc.date.issued2020-11-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14009-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menerapkan stategi reciprocal teaching dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada tanggal 11 september 2020 di sekolah SMP IT Al Maksum Sunggal. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan , dan tahap refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Indikator dalam tes kemampuan koneksi adalah sebagai berikut: (1) menuliskan masalah sehari-hari dalam bentuk model matematika; (2) menuliskan konsep matematika yang mendasari jawaban; (3) menuliskan hubungan antar obyek dan konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menerapkan strategi reciprocal teaching di SMP. Sebelum pemberian tindakanuntuk indikator 1, banyak siswa yang mempunyai skor kemampuan koneksi matematis dalam kategori sangat kurang, kurang, cukup, baik, sangat baik, berturut-turut ada sebesar 52,63%, 31,58%, 15,78%, 0%, 0%, sedangkan untuk indikator 2, berturut-turut mendapatkan skor sebesar 31,57%, 31,57%, 10,52%, 26,31%, 0%. Dan untuk indikator 3 mendapatkan skor sebesar 73,68%, 21,05%, 5,26%, 0%, 0%. Banyak siswa yang meningkat kemampuan koneksi matematikanya dari sebelum pemberian tindakan sampai akhir siklus 1 untuk indikator 1, indikator 2, indikator 3 berturut turut ada sebesar 84,19%, 84,19%, dan 63,14%. Sedangkan banyak siswa yang meningkat kemampuan koneksi dari akhir siklus 1 sampai akhir siklus II untuk indikator 1, indikator 2, dan indikator 3 berturut-turut mendapat skor sebesar 73,67%, 85,19%, dan 84,19%.en_US
dc.subjectStrategi Reciprocal Teachingen_US
dc.subjectKemampuan Koneksien_US
dc.subjectSekolah Menengah Pertamaen_US
dc.titlePenerapan Strategi Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smpen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAHMALIA (2) bar4.pdf4.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.