Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13788
Title: Analisis Konjoin Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Organik di Brastagi Supermarket Medan
Authors: Adelawati, Kitty
Keywords: atribut;konjoin;kepentingan
Issue Date: 10-Nov-2020
Abstract: Penelitian ini memiliki masalah bagaimana preferensi konsumen terhadap atribut harga, sertifikat organik, tampilan fisik sayuran dan kesegaran sayuran organik dan bagaimana urutan atribut sayuran organik berdasarkan tingkat kepentingan menurut preferensi konsumen di Brastagi Supermarket Medan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut harga, sertifikat organik, tampilan fisik sayuran dan kesegaran sayuran organik dan untuk menganalisis urutan atribut sayuran organik berdasarkan tingkat kepentingan menurut preferensi konsumen di Brastagi Supermarket Medan. Penelitian ini berlokasi di Brastagi Supermarket Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode analisis konjoin, uji validitas dan uji reliabilitas serta metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa uji validitas pada atribut harga, sertifikat organik, tampilan fisik sayuran dan kesegaran menghasilkan semua item pernyataan dinyatakan valid dilihat dari r hitung > r tabel dan pada uji reliabilitas semua item pernyataan dinyatakan reliabel dilihat dari Cronbach’s Alpha > 0,50. Dan terdapat uji keakuratan yang tinggi pada proses konjoin karena nilai signifikansi Pearson’s R dan Kendall’s Tau < 0,05. Urutan atribut sayuran organik berdasarkan tingkat kepentingan menurut konsumen dari yang paling penting yaitu atribut tampilan fisik sayuran, kesegaran, sertifikat organik dan harga. Saran yang dapat penulis simpulkan dalam penelitian ini yaitu diharapkan Brastagi Supermarket menjual produk sayuran organik dengan atribut yang sesuai preferensi konsumen agar dapat memenuhi selera konsumen, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan penjualan serta diharapkan produsen sayuran organik lebih memperhatikan label organik sebagai bentuk jaminan keorganikan produk sayuran yang dijual untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13788
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KITTY ADELAWATI.pdf1.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.